Wednesday, July 4, 2012

7 Archangel

Dalam Kepercayaan Katolik kita mengenal adanya malaikat, yaitu mahluk yang telah terlebih dulu diciptakan oleh Tuhan sebelum manusia dijadikan. Malaikat memiliki tugas untuk melakukan tugas yang telah diberikan oleh Tuhan, seperti menyampaikan firman, melindungi umat-Nya, dll. Agama Katolik menghormati 3 malaikat agung yaitu St. Michael, St Gabriel, serta St Raphael. Ketiga malaikat ini tidaklah asing karena nama mereka ada pada Alkitab Katolik.








St. Michael
Malaikat Pelindung umat Allah


Ia digambarkan sebagai manusia bersayap lengkap dengan perlengkapan perang, seperti baju zirah, tombak, pedang, dan perisai. Nama Michael muncul di kitab Wahyu ( 12 : 7 ), Daniel (10 : 13 ), dan surat Yudas ( 1 : 9 ). Berikut kutipan kitab Wahyu
"Maka timbulah peperangan di sorga, Michael dan malaikat malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu malaikat malaikatnya....( Why 12 : 7 )"St


Gabriel 

Malaikat Pembawa Pesan

Dialah yang memberitahukan tentang kelahiran Yohanes Pembabtis serta memberitahu Maria mengenai kelahiran Kristus. Ia digambarkan sebagai manusia bersayap yang membawa buku yang berisi firman Allah ( Yahweh ) .Namanya muncul di kitab Zakaria serta injil Lukas.
" Akulah Gabriel yang telah melayani Allah dan aku telah berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu....( Luk 1 : 19 )"


St Raphael

Malaikat Penyembuh

Namanya tidak muncul dalam Kanon kristen Protestan, tetapi ada dalam Kanon katolik, yaitu pada Deuterokanonika Tobit. Di situ digambarkan St Raphael menyamar sebagai manusia sebagai teman perjalanan yang lebih muda dari Tobias ( Tobit ). Sewaktu menyamar ia memakai nama " Azarias putera Ananias Besar ". Selama perjalanan, pengaruh tentang malaikat pelindung ditampilkan dalam banyak hal termasuk pengikatan setan di gurun pasir. Setelah kembali dan menyembuhkan kebutaan Tobias yang sudah tua, Azarias membuat dirinya dikenal sebagai "Malaikat Raphael, yaitu salah satu dari tujuh, yang berdiri dihadapan Tuhan" ( Tob 12 :15 ).

Dalam Perjanjian Baru, hanya nama Michael dan Gabriel yang disebutkan. Tetapi secara samar, ada kutipan Injil Yohanes yang menyebut dan merujuk padanya.
" Seorang malaikat Tuhan turun kedalam kolam dan menggoncangkan air kolam tersebut. Barangsiapa yang lebih dulu masuk kedalamnya sesudah goncangan air itu, ia akan sembuh, apapun penyakitnya..." ( Yoh 5 : 4 )
Ia digambarkan sebagai manusia bersayap yang memegang Staff ( sejenis tongkat untuk berjalan ).Ketiga malaikat di atas dalam Tradisi Katolik Roma dan Ortodhox dianggap sebagai tiga malaikat agung. Mereka dikanonisasi Katolik dan dirayakan tanggal 29 September ( Pesta Malaikat Agung ).



Selain itu di dalam kepercayaan Yudaisme ( Agama Yahudi ), Katolik Orthodox, serta Katolik Anglikan, masih ada beberapa malaikat lainnya yang dikanonisasi. mereka ialah :

St Uriel

Malaikat Penjaga

 Menurut ajaran Yudaisme, dialah yang bertanggung jawab memberitahu Nuh akan datangnya banjir besar. Dalam kitab ini, Raphael, Michael, Gabriel, dan Uriel yang akan bersaksi atas nama umat manusia di akhir zaman. Di kitab Henokh juga diceritakan bahwa uriel adalah pemimpin dalam penghukuman para malaikat yang menikah dengan manusia. Serta para Nefilim, yaitu mahluk setengah malaikat setengah manusia.
Oleh Gereja Orthodox dan Anglikan, ia digambarkan membawa pedang dan api yang menyala di hatinya.


St Selaphiel atau Selathiel

Malaikat Pembantu Penyampaian Doa

Ia digambarkan sebagai manusia bersayap yang rendah hati, ia melipat tangannya pada dadanya, dan menggambarkan sedang berdoa. Dalam tradisi Katolik, ia digambarkan membawa 2 ikan yang tergantung pada tali serta staff yang terikat labu.Namanya berarti "Doa Tuhan"


St Jegudiel atau Jehudiel

Malaikat Pembawa Cinta Kasih

malaikat yang digambarkan memegang mahkota dan juga cambuk berpilin 3. Ia dikenal sebagai Malaikat Pembawa Cinta Kasih Allah. Kadang kala ia digambarkan Membawa hati yang bernyala ditangannya. Menurut Gereja Orthodox , ia adalah malaikat atas hari Jumat.



St Baraqiel

Malaikat Petir

malaikat yang juga merupakan salah satu dari 4 seraphim. Dia digambarkan sebagai seorang pangeran dan mengepalai 460.000 malaikat. Ia dianggap sebagai malaikat petir. Dan tertuju pada malaikat yang jatuh. Namun ada beberapa pihak yang menyebutkan malaikat yang jatuh tadi sebagai Lucifer yang namanya berarti pembawa terang. Lucifer juga disebut sebagai salah satu kerub yang melayani Allah, tetapi akhirnya membangkang dan dibuang ke neraka, serta menjadi pencoba iman manusia. Tetapi kasus Lucifer bukanlah gambaran Baraqiel. Baraqiel adalah salah satu malaikat yang melayani Allah. Sekiranya mungkin Remiel mendekati pengertian lain dari Baraqiel, yang berarti Guntur Allah.


St Jeremiel

Penguat iman

arti nama St Jeremiel adalah " Peninggi Allah ". Dia bertugas menguatkan iman terhadap Allah, serta membuat kita bisa menimbang perbuatan yang akan kita lakukan ( Hati Nurani ). Dia digambarkan membawa Timbangan.

No comments:

Post a Comment